Dunia

Pertama di Dunia, Negara Ini Ganti Nama 

Penduduk Swaziland yang saat ini berganti nama menjadi negara eSwatini. (sumber;internet)

MBABANE - Mungkin ini pertama di dunia, sebuah negara 'terpaksa' ganti nama karena memiliki nama yang sama dengan negara lain. Negara tersebut berada di Benua Afrika dan sering disebut namanya mirip dengan Swiss.

Dilansir dari BBC dan Reuters, Jumat (20/4/2018) negara tersebut adalah Swaziland, suatu negara kecil di bagian selatan Afrika. Negara ini diapit oleh Mozambik dan Afrika Selatan, serta tidak memiliki pantai. Raja Mswati III, pemimpin negara Swaziland membuat kebijakan baru dengan mengubah nama negaranya. Gara-garanya, Swaziland seringkali disangka Switzerland (Swiss)!

"Setiap kami pergi ke luar negeri, orang selalu mengira kami dari Switzerland," ujar Raja Mswati III seperti ditulis Reuters.

Sebenarnya sejak sidang umum PBB pada tahun 2017 kemarin, Raja Mswati III berbicara di depan publik dengan tidak lagi menyebut Swaziland. Dia menyebut nama Kerajaan eSwatini. Ya, nama baru itu adalah eSwatini. eSwatini memiliki arti 'tanah Swazis'. Nama itu sudah diumumkan oleh Raja Mswati III saat perayaan hari kemerdekaannya baru-baru ini di negaranya.

Tapi nyatanya, mengubah nama negara juga berdampak ke beberapa hal lain. BBC menulis, harus banyak beberapa hal juga yang harus diubah seperti uang di sana masih memiliki nama Bank Sentral Swaziland, harus mendaftarkan nama barunya pada PBB, mengganti semua website pemerintahan yang masih menggunakan nama Swaziland dan sampai hal kecil mengubah kode negaranya SWZ (Swaziland).

Untungnya, nama Swaziland tidak ada dalam lagu kebangsaannya. Kalau ada, tentu repot karena harus diganti. Meski sudah berganti nama, banyak media-media internasional yang memberikan kritik terhadap Raja Mswati III. Daripada mengganti nama negara, lebih baik urus angka kriminal dan HIV yang masih sangat tinggi.*



Loading...


[Ikuti IDNJurnal.com Melalui Sosial Media]






Tulis Komentar

Untuk Berbagi Berita / Informasi / Peristiwa
Silahkan SMS ke nomor HP : 0813-6567-1385
atau email ke alamat : [email protected] / [email protected]
Harap camtumkan detail data diri Anda
Pengutipan Berita dan Foto, Cantumkan IDNJurnal.com Sebagai Sumber Tanpa Penyingkatan
Loading...